Wednesday, November 13, 2013

Kelas B Tugas 1: Artikel tentang Budgeting

Saudara diminta untuk menulis sebuah artikel tentang "Pengendalian melalui Budget". Paper ditulis dalam Bahasa Indonesia, minimal 3 halaman dan maksimal 10 halaman. Judul silakan Saudara tentukan sendiri sesuai dengan artikel yang Saudara tulis.

Sistematika artikel adalah sebagai berikut:

Judul
Nama Penulis dan NIM
Abstrak
Pendahuluan
Isi (Silakan Saudara kembangkan sendiri, dan Saudara bebas memberikan judul (sub judul) pada isi ini.
Kesimpulan
Daftar Pustaka

Artikel tersebut harus memuat pula contoh nyata berkaitan dengan budgeting.

Artikel ditulis dalam "Words" dan dikirim sebagai attachment ke elearningmrap@gmail.com

Paling lambat dikumpulkan 2 hari sebelum kelas berikutnya pada pukul 9 malam.  Untuk kelas B ini dikumpulkan paling lambat hari Rabu tanggal 13 November 2013 jam 21.00.  Namun demikian karena keterlambatan dalam mengupload informasi ini, maka batas akhir pengumpulan diundur menjadi hari Minggu tanggal 17 November 2013.  Apabila Saudara sudah terlanjur mengumpulkan artikel Saudara dengan sistematika yang berbeda dengan petunjuk di atas, untuk kelas ini tetap dapat diterima.  Saudara tidak harus merevisi.  Namun demikian, apabila saudara hendak merevisi artikel saudara, akan tetap diterima sampai batas waktu perpanjangan yaitu  Minggu 17 November 2013.

Untuk memudahkan dalam mengidentifikasi email Saudara, subject dari email agar menggunakan cara sebagai berikut: SPMB budget nama.  Misalnya nama Saudara adalah subur, maka subject emailnya adalah "SPMB budget subur"

Adakah yang harus dikumpulkan sebagai COMMENT? Ada! yaitu ABSTRAK. Jangan lupa menuliskan judul, nama, dan NIM Anda.

Terimakasih.

Mr.AP

27 comments:

endah wija said...

Anggaran Pemerintah Kota Palangka Raya

Endah Lis Wijayaty
C1C011075

grace wijayani said...

Anggaran Pemerintah Kota Yogyakarta
Grace Wijayani C1C011070

Lutfie Karomah said...

NAMA : LUTFI KAROMAH
NIM : C1C011102
JUDUL: ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA SKPD KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

ABSTRAK :
Anggaran merupakan suatu alat untuk perencanaan dan pengawasan operasi keuntungan dalam suatu organisasi laba dimana tingkat formalitas suatu budget tergantung besar kecilnya organisasi. Untuk melaksanakan tugas di atas, tentu saja diperlukan rencana yang matang. Dengan demikian dari gambaran tersebut dapat terasa pentingnya suatu perencanaan dan pengawasan yang baik hanya dapat diperoleh manajemen dengan mempelajari, menganalisa dan mempertimbangkan dengan seksama kemungkinan-kemungkinan, alternatif-alternatif dan konsekwensi yang ada. Sehingga anggaran dapat di artikan merupakan suatu rencana kerja yang dinyatakan secara kuantitatif, yang diukur dalam satuan moneter standar dan satuan ukuran yang lain yang mencakup jangka waktu satu tahun, menunjukkan suatu proses, sejak dari tahap persiapan yang diperlukan sebelum dimulainya penyusunan rencana, pengumpulan berbagai data dan informasi yang diperlukan. Pembagian tugas perencanaan, penyusunan rencana itu sendiri, implementasi dari rencana tersebut, sampai pada akhirnya tahap pengawasan dan evaluasi dari hasil-hasil pelaksanaan rencana.

irma said...

Nama: Irma Septiyani
NIM : C1C011107
Judul: Sistem Anggaran Rumah Sakit Jiwa Kepulauan Bangka Belitung

ABSTRAK:
Sistem anggaran merupakan satu kesatuan perencanaan keuangan dari seluruh bagian dalam organisasi perusahaan yang memberikan koridor bagi penggunaan dan perencanaan keuangan perusahaan.
Pada rumah sakit jiwa Kepulauan Bangka Belitung menggunakan system anggaran global. Biasanya indikator kinerja yang digunakan adalah lama tinggal (length of stay) dan biaya per kasus (cost per case). Dengan kata lain, besarnya anggaran dihitung berdasarkan lama tinggal dan biaya per kasus.
Keberhasilan pengendalian biaya dalam sistem anggaran global ini tergantung pada sejauh mana rumah sakit memberikan toleransi kepada pengeluaran yang melebihi batas. Apabila rumah sakit mengeluarkan uang secara berlebihan (over spending), maka ia akan harus menanggung akibatnya. Sebaliknya, apabila terdapat pengeluaran yang lebih kecil (underspending) daripada anggaran untuk suatu periode waktu tertentu, maka sisanya harus dikembalikan kepada penyandang dana. Tidak mengherankan bila keadaan yang terakhir jarang terjadi.
Sebagai kesimpulan, keberhasilan sistem pembayaran anggaran global tersebut bergantung pada sejumlah faktor. Pertama, mekanisme atau formulasi dalam menentukan besarnya anggaran. Apabila dalam menentukan besarnya anggaran itu dapat dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan efisiensi, maka sistem pembayaran tersebut akan menguntungkan. Namun, upaya meningkatkan efisiensi ini tidak semudah menteorikannnya. Salah satu cara adalah menetapkan sejumlah “indikator kinerja” rumah sakit untuk membantu derajat efisiensi. Sistem ini mengandung bahaya dorongan efisiensi semu apabila ukuran-ukuran kinerja tidak dirancang dengan saksama.

Kata kunci: Sistem anggaran pada rumah sakit, Sistem Pengendalian Manajemen.

husnudin azmi said...
This comment has been removed by the author.
husnudin azmi said...

NAMA : HUSNUDIN AZMI
NIM : C1C011028

ABSTRAK
Anggaran merupakan rencana yang terorganisasi dan menyeluruh, dinyartakan dalam unit moneter untuk operasi dan sumber daya suatu perusahaan selama periode tertentu di masa yang akan datang. Dalam anggaran Perencanaan dalam menyiapkan anggaran sangatlah penting. Bagaimanapun juga jelas anggaran digunakan dalam periode tertentu yang dimana akan dilakukan di masa yang akan datang.Pemikiran strategis disetiap organisasi adalah proses dimana manajemen berfikir tentang pengintegrasian aktivitas organisasional ke arah tujuan yang beroerientasi kesasaran masa mendatang. Semakin bergejolak lingkungan pasar, teknologi atau ekonomi eksternal, manajemen akan didorong untuk menyusun stategi.selain itu anggaran mempunyai empat unsur yaitu Rencana, Meliputi seluruh kegiatan perusahaan, Dinyatakan dalam unit moneter, Jangka waktu tertentu yang akan datang. Anggaran (budget) ialah suatu rencana yang disusun secara sistematis, meliputi seluruh kegiatan perusahaan, dinyatakan dalam unit (kesatuan) moneter dan berlaku untuk jangka waktu (periode) tertentu yang akan datang.

Balqis Qisthi said...

NAMA : BALQIS FAKHRANA QISTHI
NIM : C1C011040
JUDUL : SISTEM PENGANGGARAN RUMAH SAKIT PMI BOGOR


Suatu anggaran adalah merupakan suatu rencana keuangan periodic yang disusun bedasarkan program-program yang telah disahkan, bisa juga diartikan anggaran adalah rencana tertulis mengenai kegiatan suatu organisasi yang dinyatakan secara kuantitatif dan umumnya dinyatakan dalam satuan uang dalam jangka waktu tertentu.
Anggaran dibuat dengan  tujuan untuk digunakan sebagai landasan yuridis formal, menggandakan pembatas jumlah dana, merinci jenis sumber dana dan jenis penggunaan dana  yang dicari, merasionalkan sumber dan penggunaan dana, menyempurnakan rencana yang telah disusun dan menampung,  menganalisa serta memutuskan setiap usulan yang berkaitan dengan keuangan. Manfaat yang di punya pun beragam untuk mencapai tujuan yang sudah disususn besama, sebagai alat menilai motivasi, kelebihan dan kekurangan serta tanggung jawab pegawai, dan alat pendidik bagi para manajer. Memang anggaran mempunyai mamfaat tapi tidak menutup kemungkinan anggaran juga mempunyai kelemahan.
Anggaran mempunyai fungsi sebagai fungsi perencanaan, fungsi pelaksanaan, dan fungsi pengawasan dimana semua fungsi tersebut dimanfaatkan uintuk mencapai tujuan dan apa yang telah diharapkan dari penyusunan anggaran tersebut, sehingga berjalan baik sesuai apa yang telah diharapkan.Anggaran terdiri darim berbagai macam diantaranya anggaran menurut dasar penyusunan, cara  penyusunan, jangka waktunya, bidang anggaran, badasarakan kemampuan anggaran, dan menurut fungsinya dimana semua macam anggaran ini dibagi jadi beberapa lagi.

Contoh :
Sistem Penganggaran Rumah Sakit PMI Bogor

Untuk menjalankan fungsi perencanaan dan pengendalian, manajemen RSU PMI Bogor telah melaksanakan penganggaran sebagai pedoman dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Anggaran yang dilaksanakan antara lain anggaran pendapatan dan anggaran biaya yang berfungsi sebagai alat perencanaan dan pengendalian laba. Selama ini tidak terjadi permasalahan yang berarti dalam proses penyusunan anggaran di RSU PMI Bogor. Namun pada tahun 2006 sasaran laba yang ditetapkan dalam anggaran tidak tercapai, yang ditunjukkan dengan terjadinya selisih yang sangat besar antara anggaran dengan realisasinya. Oleh karena itu perlu diselidiki peyebab utama tingginya selisih yang terjadi antara anggaran
dengan realisasinya, apakah karena proses penganggaran atau karena sistem penganggarannya. Sehingga dapat dilakukan tindakan perbaikan dalam proses penganggaran di RSU PMI Bogor yang lebih efektif dan efisien.

Kartika Puji Dewanti said...

Nama : KARTIKA PUJI DEWANTI
NIM : C1C011009
JUDUL : SISTEM PENGANGGARAN DIREKTORAT JENDERAL BINA MARGA

ABSTRAK
ABSTRAK
Anggaran merupakan suatu rencana jangka pendek yang disusun berdasarkan rencana kegiatan jangka panjang yang telah ditetapkan dalam proses penyusunan program, dimana suatu anggaran disusun oleh manajemen untuk jangka waktu satu tahun yang nantinya akan membawa perusahaan pada kondisi tertentu yang diinginkan dengan sumber daya yang sudah di tentukan. Fungsi dari anggaran itu sebagai alat bantu bagi seorang manajer dalam menjalankan perusahaan untuk tujuan yang telah ditetapkan seperti fungsi perencanaan, pengawasan, koordinasi, anggaran sebagai pedoman kerja. Di dalam anggaran juga ada kelemahan dan kelebihannya. Contoh real nya seperti Direktorat Jenderal Bina Marga tentang data jalan dan jembatan selama pelita IV.

aulia rahmawati said...

NAMA : NUR AULIA RAHMAWATI
NIM : C1C011050
JUDUL : ANGGARAN DI KEMENTRIAN PENDIDIKAN

ABSTRAK
Anggaran dalam suatu organisasi merupakan hal yang sangat penting, karena ketika manajemen puncak telah menentukan kearah mana perusahaan akan bergerak, aktivitas apa saja yang akan dilaksanakan dan apa hasil yang akan dicapai, anggaran dapat membantu agar rencana yang telah disusun berjalan dengan efektif dan efisien. Anggaran dapat mengontrol penggunaan dana agar tidak terlalu besar, serta mengontrol dan mengendalikan kinerja karyawan karena mereka dituntut untuk menjalankan aktivitas sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan. Sebuah anggaran yang telah disusun tidak akan memberikan hasil yang baik tanpa adanya pengawasan yang dilaksanakan dengan baik juga. Pengawasan merupakan usaha untuk menetapkan standar pelaksanaan dengan tujuan-tujuan perencanaan. Hal tersebut berlaku untuk perusahaan profit oriented maupun sektor publik, namun fokus tulisan ini adalah anggaran yang terdapat di sektor publik yaitu di Kementrian Pendidikan.
Kata Kunci: Anggaran, Pengendalian, Pendidikan

Nagriana Hidayah said...

Nama : Nagriana R. H.
NIM : C1C011052

ABSTRAK
Perencanaan tanpa pengendalian akan membuat tujuan organisasi sulit tercapai. Karyawan akan merasa kurang yakin apakah kinerjanya selama ini memuaskan. Untuk itu perlu adanya alat pengendalian dalam suatu rencana strategis berupa budget (anggaran). Dengan adanya anggaran, kinerja dapat terukur, tindakan apa saja yang harus dilakukan agar tercapainya tujuan organisasi dan sekaligus menjadi pembelajaran di masa yang akan datang. Anggaran yang bersifat challenging but achievable akan memberi motivasi bagi karyawan agar bekerja sesuai standar atau bahkan lebih baik. Manajer pun lebih mudah dalam mengarahkan karyawannya.

Rendy Yunanto said...

NAMA:RENDY YUNANTO
NIM:C1C011022
JUDUL:ANGGARAN DI BADAN LAYANAN UMUM

ABSTRAK
Penyusunan anggaran adalah pekerjaan teknis. Bila mendengar kata anggaran maka orang pada umumnya akan membayangkan angka-angka dan estimasi serta menghubungkannya dengan hal yang berkaitan dengan keuangan. Meskipun penyusunan ini, seperti disinggung sebelumnya, merupakan tugas teknis namun tidak dapat dipungkiri bahwa dibalik itu semua adalah unsur manusia yang paling berperan. Manusia yang membuatnya dan mereka pula yang akan menggunakannya.
Aspek perilaku yang terkait dengan anggaran merujuk pada perilaku manusia yang dterlibat pada saat anggaran tersebut disusun dan diimplemetasikan. Anggaran dapat mempengaruhi perilaku manusia. Adanya anggaran mengakibatkan manusia membatasi tindakannya. Anggaran pula yang menyebabkan kinerja manajer selalu dan secara kontinyu dipantau serta dibandingkan. Hal ini pula yang mengakibatkan timbulnya tekanan.
Di balik permasalahan yang timbul akibat anggaran, ada juga yang beranggapan bahwa anggaran dapat memberikan keuntungan oleh sebab itu ia sering digunakan. Sebenarnya hampir semua orang membuat anggaran, meskipun banyak orang yang menggunakan anggaran tidak mengakui bahwa apa yang mereka lakukan merupakan aktivitas penganggaran.

Osyane Laksmi Tanaya said...

Nama : Osyane Laksmi Tanaya
NIM : C1C011034
Judul : Anggaran dalam Perusahaan Manufaktur (PT.Hadinata Brothers / Ligna Furniture)

ABSTRAK
Dalam pengendalian keuangan (financial control system) salah satu alat untuk mengukur kinerja perusahaan adalah anggaran (budget). Anggaran merupakan suatu rencana keuangan periodik yang disusun program-program yang telah disahkan tertulis mengenai suatu organisasi yang dinyatakan secara kuantitatif dan umumnya dinyatakan dalam satuan uang dalam jangka waktu tertentu. Perlunya suatu anggaran bagi perusahaan adalah untuk membantu manajer dalam merencanakan kegiatan, dan mengendalikan kinerja operasi serta memotivasi karyawan agar memperbaiki kinerja dan sikap dari penyimpangan – penyimpangan yang terjadi. Dalam fungsi manajemen dikenal dengan perencanaan. Perencanaan berarti menetapkan tujuan organisasi dan menentukan bagaimana cara terbaik untuk mencapainya. Fungsi ini sangat penting sebagai langkah awal setiap pelaksanaan kegiatan yang baik. Rencana dirumuskan untuk menggambarkan apa yang ingin kita capai dan bagaimana mencapai tujuan tersebut. Penganggaran perusahaan merupakan kegiatan dalam menghasilkan anggaran serta proses kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan fungsi budget seperti fungsi pedoman kerja, alat pengkoordinasian kerja dan alat pengawasan kerja. Untuk mencapai tujuan yang diharapkan perusahaan, maka diperlukannya suatu anggaran. Anggaran ini dapat berfungsi sebagai alat perencanaan dan pengawasan yang terfokus pada biaya operasional suatu perusahaan yang harus disusun secara teliti, penuh pertimbangan serta disesuaikan dengan kondisi dan perkembangan perusahaan pada saat itu. Guna menghindari perilaku disfungsional, organisasi seharusnya menghindari anggaran yang terlalu menekan sebagai mekanisme pengendalian. Anggaran dapat diperbaiki sebagai ukuran kinerja, dengan menggunakan anggaran parsitipatif dan insentif non-uang lainnya, menyediakan umpan balik kinerja secara sering, menggunakan anggaran fleksibel, memastikan bahwa tujuan anggaran mencerminkan realitas, dan membebankan tanggung jawab pada manajer hanya atas biaya-biaya yang dapat dikendalikan. Contoh anggaran perusahaan yang memiliki keunikan dalam penyusunan anggarannya adalah perusahaan manufaktur dalam hal ini PT. Hadinata Brothers (Ligna Furniture) dengan menggunakan anggaran sebagai analisis biaya operasionalnya dan metode bottom-up dan top down untuk pengendaliannya.

Kata kunci : Anggaran sebagai Alat Perencanaan dan Pengendalian, Contoh Perusahaan Manufaktur.

GILANG M. NUGRAHA said...

NAMA : GILANG MOEHAMMAD NUGRAHA
NIM : C1C011042
JUDUL : ANGGARAN PT. TENUN KUSUMATEX

Anggaran adalah pembuatan rencana tindakan yang dinyatakan dalam istilah keuangan. Anggaran memainkan suatu peranan penting dalam perencanaan, pengendalian, dan pembuatan keputusan. Fungsi anggaran antara lain sebagai hasil akhir proses perencanaan, cetak biru perusahaan untuk bertindak, alat komunikasi internal yang menghubungkan beragam departemen, standar terhadap hasil operasi yang dapat dibandingkan, sebagai alat pengendalian, memotivasi manajemen untuk bertindak konsisten. Dengan penyusunan anggaran usaha-usaha perusahaan akan lebih banyak berhasil apabila ditunjang oleh kebijaksanaan-kebijaksanaan yang terarah dan dibantu oleh perencanaan-perencanaan yang matang. Perusahaan yang berkecenderungan memandang ke depan, akan selalu memikirkan apa yang mungkin dilakukannya pada masa yang akan dating. Sehingga dalam pelaksanaannya, perusahaan-perusahaan ini tinggal berpegangan pada semua rencana yang telah disusun sebelumnya. Dari pendapat-pendapat tersebut dapat dikatakan bahwa anggaran berperan sebagai alat bantu manajemen dalam melakukan perencanaan sumber daya yang akan diperoleh dan digunakan, serta mengendalikan bagaimana sumber tersebut digunakan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan dalam jangka waktu tertentu.Untuk kepentingan pengawasan tiap manajer membuat laporan realisasi anggaran,guna mengetahui seberapa besar anggaran itu terserap dan apakah efektif dan efisien. Untuk contoh anggaran perusahaan, dalam hal ini PT. Tenun Kusumatex yang menekankan pada penyusunan biaya overhead pabrik yaitu terkendali tidaknya anggaran BOP dengan BOP sesungguhnya.
Kata Kunci : Fungsi Anggaran, Anggaran Perusahaan Manufaktur.

inka gustiana said...
This comment has been removed by the author.
inka gustiana said...

INKA GUSTIANA
C1C011074
ANGGARAN PEMERINTAH DAERAH BATAM

ABSTRAK: Anggaran merupakan bagian yang penting untuk perencanaan efektif jangka pendek dan kontrol dalam organisasi. Dengan melakukan pengendalian melalui budget maka dapat juga melakukan pengendalian terhadap aktivitas, pengendalian terhadap kinerja. Penyelenggaraan anggaran biasanya meliputi waktu satu tahun, sehingga dapat disimpulkan bahwa anggaran berada dalam bagian dari strategis rencana satu tahun. Anggaran dibutuhkan untuk mengontrol sumber dana yang terbatas dan sumber dana yang terbatas itu perlu dikendaliakan agar tujuan dari perusahaan dapat tercapai secara efektif, efisien, dan teratur. Karena anggran dapat menuntun kegiatan apa saja dan dapat pula membatasi jumlah biaya maksimal yang dapat dibelanjakan sekaligus. Dalam proses penyusunan anggaran terdapat faktor internal dan eksternal yang harus diperhatikan dan beberapa teknik yang dapat digunakan, anggaran juga terdiri dari beberapa macam jenis tergantung dari kebutuhannya. Dalam pelaksanaannya, terdapat keterkaitan antara anggraan dengan pengendalian, manajemen, dan juga akuntansi. Jadi, pada intinya anggaran adalah pendekatan yang digunakan untuk mengukur kinerja organisasi.

Mimin Mintarsih said...

Nama : Mimin
NIM : C1C011069
Judul : ANGGARAN SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN PADA PT PDAM TIRTANADI MEDAN

Anggaran merupakan alat perencanaan dan pengendalian jangka pendek yang diperlukan oleh setiap perusahaan. Perusahaan dapat melakukan pengawasan melalui anggaran agar kegiatan operasional perusahaan dapat terkontrol dengan baik, secara efektif dan efisien. Proses penyusunan anggaran merupakan salah satu alat yang digunakan oleh perusahaan dalam melakukan sistem pengendalian manajemen. Dalam penyusunan anggaran diperlukan partisipasi, baik dari atas ke bawah maupun dari bawah ke atas. Selain itu, keterlibatan manajemen senior berperan penting untuk menilai dan menyetujui anggaran yang dibuat. Untuk mencapai tujuan anggaran maka setiap periode anggaran dilakukan suatu perbandingan antara realisasinya dengan anggaran yang disusun. Hal ini dilakukan untuk mengetahui penyimpangan-penyimpangan yang terjadi pada proses pelaksanaan operasi kegiatan perusahaan. Selanjutnya penyimpangan tersebut dianalisis dalam rangka mengambil tindakan yang lebih baik lagi untuk masa yang akan datang. Salah satu anggaran yang memiliki keunikan dibandingkan dengan anggaran pada industri lain yaitu anggaran pada perusahaan PDAM, dimana terdapat anggaran untuk kebocoran/kehilangan air. Oleh karena itu, perusahaan PDAM perlu untuk melakukan pengendalian terhadap tingkat kebocoran air.

Kata kunci : Penyusunan Anggaran, Pengendalian, Anggaran Perusahaan PDAM

Maharani Utami said...

NAMA : MAHARANI UTAMI
NIM : C1C011001
JUDUL : Anggaran Biaya Pekerjaan Pembangunan JTM, JTR dan GD di PT. PLN (Persero)

ABSTRAK
Anggaran merupakan rencana yang terorganisasi dan menyeluruh, dinyartakan dalam unit moneter untuk operasi dan sumber daya suatu perusahaan selama periode tertentu di masa yang akan datang. Jenis – jenis anggaran yaitu budget strategis dan budget taktis. Kegunaan anggaran adalah sebagai pedoman kerja, sebagai alat koordinasi kerja, dan sebagai alat pengawasan atau pengendalian. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi anggaran yaitu faktor internal dan faktor eksternal serta tahapan proses penyusunan anggaran. Contoh anggaran yaitu Rencana Anggaran Biaya Pekerjaan Pembangunan JTM, JTR dan GD di PT. PLN (Persero).

Ariestia Wahyu Kartikawati said...

Nama : Ariestia Wahyu K
NIM : C1C011077
Judul : Anggaran

Anggaran merupakan rencana keuangan periodik yang disusun berdasarkan program yang telah disahkan dan merupakan rencana tertulis mengenai kegiatan suatu organisasi yang dinyatakan secara kuantitatif dan umumnya dinyatakan dalam satuan moneter untuk jangka waktu tertentu.Suatu anggaran operasi biasanya meliputi waktu satu tahun dan menyatakan pendapatan dan biaya yang direncanakan untuk tahun itu. Anggaran biasanya digunakan untuk melakukan perencanaan serta pengendalian kinerja perusahaan dalam mencapai tujuannya. Disamping itu,anggaran juga memiliki kelemahan diantaranya ketidakpastian, membutuhkan banyak biaya, dan pegawai merasa dipaksa melaksanakan anggaran. Dalam menyusun anggaran harus diperhatikan syarat-syaratnya yaitu luwes, realistis, dan berkelanjutan. Salah satu contoh anggaran adalah Laporan Realisasi Anggaran Kabupaten Sleman.

aldi surya said...

NAMA : ALDI SURYA PRATAMA
NIM : C1C011031
JUDUL :ANGGARAN DALAM PEMERINTAHAN

Anggaran merupakan satu instrumen penting di dalam manajemen karena merupakan bagian dari fungsi manajemen. Di dunia bisnis maupun di organisasi sektor publik, termasuk pemerintah, anggaran merupakan bagian dari aktivitas penting yang dilakukan secara rutin. Anggaran akan menetapkan standar standar atas biaya yang dapat dikeluaran pada suatu periode, anggaran tidak hanya terbatas pada biaya saja namun juga terkait dengan pendapatan yang ditargetkan untuk diperoleh pada periode tertentu

Rizki Ramadan said...

Nama : Rizki Ramadan
NIM : C1C011066
Judul : Anggaran (Budget)

Anggaran adalah suatu rencana keuangan periodik yang disusun perusahaan di masa yang akan datang berdasarkan program yang telah disahkan. Anggaran (budget) merupakan rencana tertulis mengenai kegiatan suatu organisasi yang dinyatakan secara kuantitatif dan umumnya dinyatakan dalam satuan uang untuk jangka waktu tertentu. Anggaran merupakan alat manajemen dalam mencapai tujuan perusahaan.

Silvy Christy Sinaga said...

Nama : Silvy Christy Sinaga
Nim : C1C011080
Judul: PENYUSUNAN ANGGARAN

Anggaran
Merupakan rencana yang diungkapkan secara kuantitatif dalam unit moneter untuk periode satu tahun.
Penyusunan anggaran adalah Proses pengoperasionalan rencana dalam bentuk pengkuantifikasian, biasanya dalam unit moneter, untuk kurun waktu tertentu. Anggaran merupakan implementasi dari rencana dari rencana strategi yang telah ditetapkan.
Anggaran berperan sebagai alat untuk perencanaan dan berperan sebagai alat untuk pengendalian jangka pendek bagi suatu organisasi. Sebagai sebuah rencana tindakan, anggaran dapat digunakan untuk mengendalikan kegiatan organisasi dengan cara membandingkan antara hasil sesungguhnya yang dicapai dengan rencana yang telah ditetapkan. Jika hasil sesungguhnya berbeda secara signifikan dari rencana, tindakan tertentu harus diambil untuk melakukan revisi yang perlu terhadap rencana.
Dalam tugas ini mengambil contoh realisasi anggaran DIPA pengadilan tinggi negeri kota Kendari-Sulawesi Tenggara.

Yeni Yunitasari said...

Judul : Prosedur Penyusunan Anggaran Perusahaan Dalam Bidang Jasa (Contoh pada Perusahaan Listrik Negara Area Banten Selatan)
Nama : Yeni Yunita Sari
NIM : C1C011063

ABSTRAK
Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengendalikan perusahaan agar dapat mencapai sasarannya adalah dengan menerapkan sistem pengendalian anggaran. Anggaran adalah suatu teknik yang dapat dipakai oleh manajemen berdasarkan fungsinya di dalam perencanaan proses produksi, pengendalian biaya, dan pengendalian laba. Berkaitan dengan proses yang harus dilakukan pada tahap awal, organisasi melakukan penyusunan anggaran dengan memperhatikan aspek-aspek pokok mengenai perencanaan jangka panjang, perencanaan tahunan, dan sistem penganggaran. Dengan menerapkan aspek-aspek pokok pada sistem penggaran, maka program kerja penyusunan anggaran akan efektif dan tujuan yang diharapkan dapat tercapai dengan optimal.

Agatha Gladyswara said...

Judul : Anggaran
Nama : Agatha Gladyswara Ketysa
NIM: C1C011065

ABSTRAK
Penyusunan anggaran adalah proses pengoperasionalan rencana dalam bentuk pengkuantitatifan, biasanya dalam unit moneter untuk kurun waktu tertentu. Hasil dari penyusunan anggaran adalah anggaran. Anggaran merupakan rencana yang diungkapkan secara kuantitatif dalam unit moneter untuk periode satu tahun. Anggaran menunjukan jabaran dari program dengan menggunakan informasi terkini. Proses penyusunan anggaran pada dasarnya merupakan suatu proses negosiasi antara menejer pusat pertanggungjawaban dan atasannya. Hasil akhir proses negosiasi adalahbpersetujuan tentang perkiraan biaya yg akan terjadi selama satu tahun.

contoh : Realisasi Anggaran Belanja Negara.

Ria Adhi Pramesti said...

NAMA : RIA ADHI PRAMESTI
NIM : C1C011033
JUDUL : Realisasi Anggaran PT Angkasa Pura

ABSRAK
Pengertian anggaran (budget) ialah suatu rencana yang disusun secara sistematis, meliputi seluruh kegiatan perusahaan, dinyatakan dalam unit (kesatuan) moneter dan berlaku untuk jangka waktu (periode) tertentu yang akan datang.Peranan anggaran pada suatu perusahaan merupakan alat untuk membantu manajemen dalam pelaksanaan, fungsi perencanaan, koordinasi, pengawasan dan juga sebagai pedoman kerja dalam menjalankan perusahaan untuk tujuan yang telah ditetapkan.Tipe Anggaran ada 3 yaitu Ceiling Budget, A Line-Item Budget, dan Performance and Program Budgets. Anggaran dibutuhkan manajer diantaranya untuk untuk menyatakan harapan/sasaran perusahaan secara jelas dan formal, untuk menyediakan rencana terinci mengenai aktivitas dengan maksud mengurangi ketidakpastian, untuk menyediakan alat pengukur dan mengendalikan kinerja individu dan kelompok, dan untuk mengkoordinasikan cara/metode yang akan ditempuh dalam rangka memaksimalkan sumber daya.
Contoh: Realisasi Anggaran PT Angkasa Pura

Bagas Dwi Septyan said...

NAMA: BAGAS DWI SEPTYAN
NIM : C1C011039
JUDUL: REALISASI ANGGARAN PRODUKSI PTPN IV

ABSTRAK
Anggaran merupakan bagian yang penting untuk perencanaan efektif jangka pendek dan kontrol dalam organisasi. Penyelenggaraan anggaran biasanya meliputi waktu satu tahun dan menyatakan pemasukan dan pengeluaran selama satu tahun itu. Anggarakan sangat penting karena anggaran sebagai acuan perusahaan untuk beroperasi selama periode satu tahun.

Dalam anggaran operasional PTPN IV yang beroperasi di bidang perkebunan, berfokus pada biaya penanaman pohon kelapa sawit hingga saat panen. Biaya yang diperlukan yaitu gaji & tunjangan, biaya pemeliharaan seperti pemupukan, biaya panen, biaya pengangkutan ke pabrik, hingga andil biaya tanaman untuk kebun seinduk. Pada kasus ini, perincian biaya pada anggaran produksi harus tepat dengan mempertimbangkan efisiensitas dan efektifitas pada perawatan pohon kelapa sawit hingga panen.

Prasetyo Pambudi said...

NAMA : PRASETYO PAMBUDI
NIM :C1C011037
JUDUL : ANGGARAN PEMERINTAH KOTA SOLO 2011

ABSTRAK :
Anggaran merupakan rencana operasi keuangan, yang mencakup estimasi pengeluaran yang diusulkan, dan sumber pendapatan yang diharapkan untuk membiayainya dalam periode waktu tertentu. Anggaran tidak dibatasi pada biaya saja tetapi juga pendapatan. Anggaran di bedakan menjadi 2, yaitu: anggaran strategis dan anggaran taktis.
Rencana merupakan penentuan terlebih dahulu tentang aktivitas atau kegiatan yang akan dilakukan diwaktu yang akan datang dengan spesifikasi khusus, misalnya disusun secara sistematis mencakup seluruh kegiatan perusahaan, yang dinyatakan dalam unit (satuan) moneter.
Unsur – unsur yang ada dalam anggaran antara lain: meliputi seluruh kegiatan organisasi; dinyatakan dalam unit moneter; dan jangka waktu tertentu yang akan datang. Contoh : dalam laporan realisasi anggaran pemkot solo 2011 terdapat rincian mengenai seluruh pendapatan dan belanja yang dimiliki oleh pemkot, baik itu merupakan rencana anggarannya dan realisasinya.

Anonymous said...

Radifan Noor Kusumajati
C1C011032
Anggaran PDAM Kota Bogor Tahun 2007

ABSTRAK
Budget adalah rencana yang di susun secara sistematis yang meliputi seluruh seluruh kegiatan perusahaan yang di nyatakan dengan angka dan berlaku untuk jangka waktu tertentu di masa yang akan datang .
Dalam fungsi penganggaran atau budgeting, semua rencana dari perencanaan dan penentuan kebutuhan dikaji lebih lanjut untuk disesuaikan dengan besarnya pembiayaan dari dana-dana yang tersedia. Dengan mengetahui hambatan-hambatan dan keterbatasan yang dikaji secara seksama, maka anggaran tersebut merupakan anggaran yang dapat diandalkan.
Contoh:dalam laporan data anggaran operasional dan realisasi PDAM kota Bogor Tahun 2007 terdapat rincian mengenai seluruh pendapatan dan biaya yang dimiliki oleh PDAM Kota Bogor, baik itu merupakan rencana anggarannya dan realisasinya,terdapat pula analisis varians dan prosentase penyimpangan dari anggaran tersebut.